Insight

Kembali ke Negeri Asal

Kembali ke Negeri Asal

Pagi ini sayup-sayup terdengar pengumuman dari masjid, salah satu warga kami telah berpulang. Ya… meninggal dunia… setelah sekian lama menderita sakit.

Seperti biasa, pikiran kembali berkelana untuk berpikir… Kembali… Jasad kembali ke tanah, ditanam didalam tanah alias di kubur. Nah, sekarang Ruh nya kemana? Ikut serta ke dalam tanah atau ke tempat lain…

Bila menelisik apa yang diucapkan orang ketika ada yang meninggal adalah

Innalillahi wa innailaihi rojiun…

Sesungguhnya yang berasal dari Allah akan kembali kepada tempat dia berasal.

Nah apa yang kembali, kemana harus kembali, siapa yang memang kembali. Ingatkah bahwa ketika proses pemciptaan manusia… Allah meniupkan Ruh-Nya ke jasad manusia setelah jasad itu sempurna…
ذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ طِينٍ . فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِي.

Ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Maka, apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya ruh-Ku, maka hendaklah kamu menyungkur dengan bersujud kepadanya.” (Q.S. Shaad [38]: 71-72.)

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ . فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ

Dan, ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka, apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.” (Q.S. al-Hijr [15]: 28-29

Kedua ayat tersebut menjelaskan manusia itu ada elemen yaitu jasad dan Ruh. Jasad dari bumi atau sari pati tanah dan Ruh berasal dari Allah. Sehingga ketika manusia wafat, jasad kembali ke bumi dan dikuburkan dan Ruh entah kemana.

Berdasarkan kedua ayat tersebut, Ruh berasal dari Allah sudah seharusnya dia kembali kepada Allah. Apakah semua manusia wafat, Ruhnya akan kembali langsung kepada Allah? Ataukah dia akan mampir dulu ke surga atau neraka?

Kembali kepada Innalillahi wa innailaihi rojiun… sudah seharusnya Ruh itu kembali kepada Allah tempat dia berasal. Bukan ke surga, neraka ataupun gentayangan di muka bumi.

Jalan menuju negeri asal para Ruh yang perlu kita cari. Dan mungkin hanya Ruh dan Allah saja yang tahu jalan itu. Apakah jalan itu daapt diketahui saat pertemuan Ruh dan Allah?Apakah pertemuan itu harus dilakukan sebelum atau sesudah wafat?

Logika awam, seharusnya sudah diketahui ketika kita akan menuju negeri Asal sebelum benar benar kita harus berjalan sesungguhnya.

Orang akan dengan mudah berkunjung ke suatu tempat dengan cepat bila iya sudah sering berkunjung…

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Insight

More in Insight