Insight

DZIKIR/MEDITASI NAFAS TAHAP KEDUA

DZIKIR/MEDITASI NAFAS TAHAP KEDUA

Dalam tubuh manusia terdapat jalur-jalur enerji ilahi, jika dalam yoga disebut dengan cakra, adapun dalam tarekat (tasawuf) disebut dengan latifah. Sebetulnya tanpa dibuka dan diaktifkan jaklur-jalur enerji di dalam tubuh manusia akan aktif sendiri, jika meditasi nafasnyanya benar-benar rutin dan rajin melaksanakannya.

Jika jalur-jalur enerji dalam tubuh sudah aktif, maka akan memudahkan proses pembersihan dalam fisik dan jiwa secara tersistematis. Karena semua jalur enerji dalam tubuh itu terkait dengan sifat-sifat dan jiwa dalam diri kita.

Bagi teman-teman yang sudah melaksanakan meditasi nafas bagian pertama, silahkan melanjutkan ke meditasi nafas tahapan dua ini. Adapun jika anda belum pernah, maka harus dari tahapan awal dahulu, sampai meditasinya benar-benar bisa merasakan nikmat dan nyaman.

PANDUAN DZIKIR/MEDITASI NAFAS TAHAP KEDUA

1. Duduk bersila atau boleh duduk di atas kursi menghadap kiblat dalam kondisi wudhu

2. Duduknya rileks, tapi tubuh harus tegap tidak boleh membungkuk, santai dan rileks, pejamkan kedua mata.

3. Sebelum dzikir baca:

إِلَهِى أَنْتَ مَقْصُوْدِى وَرِضَاكَ مَطْلُوْبِى أَعْطِيْنِى مَحَبَّتَكَ وَمَعْرِفَتَكَ
“Ilahi anta maqsudii waridhoka matlubii a’tinii mahabbataka wa ma’rifataka.”

( Wahai Tuhanku hanya Engkaulah yang aku tuju, keridhoan-Mulah yang kudambakan, berikanlah kepadaku rasa kecintaan kepada-Mu dan makrifat kepada-Mu.”

4. Lalu pusatkan pikiran ke cakra mahkota di kepala (ubun-ubun), niatkan umtuk membuka cakra mahkota dengan membaca alfateha.

5. Kemudian pusatkan pikiran ke cakra ajna (Mata Ketiga) di kening yaitu titik di antara dua alis tembus ke belakang kepala, niatkan untuk buka cakra ajna (Mata Ketiga) dengan membaca alfateha.

6. Setelah itu pusatkan pikiran ke cakra Tenggorokan tembus ke belakang, niatkan untuk membuka cakra Tenggorokan dengan membaca alfateha.

7. Berikutnya pusatkan pikiran ke cakra jantung (Hati Nurani) di tengah dada tembus ke belakang, niatkan untuk membuka cakra jantung (Hati Nurani) dengan membaca alfateha.

8. Lalu pusatkan pikiran ke cakra pusar tembus kebelakang, niatkan untuk membuka cakra pusar dengan membaca alfateha.

9. Lalu pusatkan pikiran ke cakra sex di tempat saluran pembuangan air kecil tembus ke belakang di atas pantat, niatkan untuk membuka cakra sex dengan membaca alfateha.

10. Lalu pusatkan pikiran ke cakra dasar di pantat, niatkan untuk buka cakra dasar dengan membaca alfateha.

11. Setelah semua jalur enerji ilahi yaitu tujuh cakra dalam tubuh dibuka dan diaktifkan, sekarang fokuskan di cakra jantung di tengah dada tempatnya hati nurani sambil merasakan dzikir nafas. Ketika nafas masuk ke hidung di dalam hati baca Hu….. dan ketika nafas keluar dari hidung di dalam hati membaca Allah…..

12. Lama waktunyanya meditasi terserah anda, semakin lama semakin bagus. Setelah selesai, kedua telapak tangan anda hadapkan ke depan, sambil berkata: “ Untuk semua makhluk semoga diberi cahaya oleh Allah alfateha……….. selesai.

Kerjakan tehnik meditasi di atas selama 40 hari, waktunya habis sholat magrib dan habis sholat subuh, jika mampu setelah tahajud sangat baik. Atau sesuaikan dengan kondisi waktu anda, minimal siang sekali atau malam sekali.

Untuk penjelasan jalur-jalur enerji dalam tubuh akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.

Untuk memudahkan anda, panduan meditasinya mulai nomer 1 sampai 11 anda baca dan direkam di hp. ketika anda meditasi tinggal diputar.

Sumber tulisan ini adalah halaman facebook yang dituliskan oleh mas Cahaya Gusti

Dimasukkan ke dalam web ini dengan tujuan untuk mengingat dan kemudahan mencari admin web ini.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Insight

More in Insight