KataBijak

Manusia ibarat suatu pesanggrahan

Manusia ibarat suatu pesanggrahan

Manusia ibarat suatu pesanggrahan. Setiap pagi selalu saja ada tamu baru yang datang: kegembiraan, kesedihan, ataupun keburukan; lalu kesadaran sesaat datang sebagai suatu pengunjung yang tak diduga. Sambut dan hibur mereka semua, sekalipun mereka semua hanya membawa dukacita.

Sambut dan hibur mereka semua, sekalipun mereka semua dengan kasar menyapu dan mengosongkan isi rumahmu. Perlakukan setiap tamu dengan hormat, sebab mereka semua mungkin adalah para utusan Tuhan yang akan mengisi rumahmu dengan beberapa kesenangan baru.

Jika kau bertemu dengan pikiran yang gelap, atau kedengkian, atau beberapa prasangka yang memalukan, maka tertawalah bersama mereka dan undanglah mereka masuk ke dalam rumahmu. Berterimakasihlah untuk setiap tamu yang datang ke rumahmu, sebab mereka telah dikirim oleh-Nya sebagai pemandumu. (Ar Rumi)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

KataBijak

More in KataBijak

  • Aja Aleman

    Secara harfiah, Aja Aleman artinya jangan manja. Mereka yang memiliki sifat manja, tidak mau berusaha keras, gampang...

  • Memayu Hayuning Bawono

    Mengusahakan Keselamatan, kebahagiaan, dan Kesejahteraan Hidup di dunia. Ini kita interpretasikan sebagai peningkatan dan menyebarluaskan, kesejahteraan, pengembangan...

  • Mantra Gayatri

    OM, Bhur bhuvah svaha Tat Savitur Warenyam Bhago devasya Dhimahi Dhiyo yo Nah Pracodayat Oh Tuhan! Engkau adalah...