TechLand Blog

Google Search Algorithm Update, Des 2020

Desember 2020 bagi sebagian pemilik website merupakan bulan yang tidak menggembirakan. Website yang mereka kelola mengalami penurunan trafik pengunjung, terutama trafik yang bersumber trafik organik atau google search.

Penurunan Trafik tidak hanya berkisar 10% saja, tetapi ada yang mengklaim telah kehilangan trafik lebih dari 30%. Bukan angka yang kecil bukan…??

Apa yang terjadi dengan google search di desember 2020…? Tim google search memang telah mengkonfirmasi bahwa mereka memang melakukan update di algoritma pencariannya. Ada banyak analisis terkait perubahan algoritma ini. Tapi sampai saat ini, belum diketahui pasti apa saja perubahan yang dilakukan.

Berdasarkan analisis penulis, perubahan yang terjadi merupakan perbaikan dari sisi kemampuan engine google dalam menangkap konteks sebuah artikel. Google tidak lagi menampilkan artikel berdasarkan tag dalam artikel yang dibuat. Sebagai contoh, ketika seorang penulis menambahkan tag di luar konteks artikel saat ini tidak akan dilihat dan google lebih akurat dalam menyajikan artikel yang disodorkan kepada pengguna search ketika memasukkan kata kunci pencarian.

Perubahan juga terjadi pada layout halaman search. Google menyediakan hasil pencarian langsung dihalaman depan. sebagai contoh lirik lagu tertentu. Google akan langsung memberikan hasil di paling atas pencarian. Ini akan menyebabkan user tidak mengklik list artikel yang dibawahnya.

Demikian dahulu pembahasan awal terkait dengan Google search algorithm update di desember 2020. Kita akan lanjutkan di kesempatan berikutnya